Newbeetech-Setiap blogger seharusnya mengetahui cara melakukan riset kata kunci dengan menggunakan Google Keyword Planner. Kenapa? Karena itu akan membantu kita mengukur potensi trafik yang bisa kita peroleh.
Ini adalah tahap awal yang wajib anda lakukan jika anda mengharapkan sesuatu dari aktifitas blogging. Kalau anda melakukan blogging just for fun, maka tentunya anda tidak perlu melakukan ini.
Lain kasus kalau sekali deal hasilnya lumayan besar.... Misalnya, anda deal menjual sebuah rumah.... hasilnya bisa dipakai untuk beberapa bulan ke depan sambil menunggu deal lainnya.
1. Masuk Akun Google anda pada Adwords
Kalau anda sudah mempunyai sebuah akun Google, maka anda cukup melakukan prosedur di bawah ini untuk mendapatkan sebuah akun Adwords (sebuah customer ID).
- Silahkan Masuk Kehalaman Google Keyword Planner
- Anda akan dimanta Login dengan menggunakan akun Gmail anda
- Tunggu Samapi Login Selesai, maka anda akan di bawa kehalaman beranda Adwords
Dengan demikian anda sudah selesai masuk ke google adwords . Anda siap menggunakan Google Keyword Planner....
2. Cara menggunakan Google Keyword Planner Untuk Kata Kunci
Untuk memilih kata kunci dengan menggunakan alat eksternal Google ini, silahkan ikuti panduan di bawah ini.
- Setelah nda masuk ke halaman Adwords klik menu Tools and Analysis, akan muncul drop down....yang menampilkan Perencanaan Kata Kunci, klik sub menu tersebut.
- Kemudian Ikuti Gambar di bawah
- Masukkan kata kunci yang anda inginkan pada formulir, lalu ubah lokasi dan bahasa menjadi Indonesia (jika target anda hanyalah pasar domestik). Setelah itu klik Dapatkan Ide
- Jika anda pencari uang dari memasang iklan Adsense, maka klik AVG.CPC untuk memperlihatkan kata kunci dengan bayaran termahal
Oleh karena Avg. Monthly Searches adalah parameter jumlah pencarian kata kunci, maka nilai inilah yang harus menjadi fokus utama perhatian anda. Ada 2 hal yang perlu anda ketahui tentang nilai dari Avg. Monthly Searches ini, yaitu:
- Google menampilkan hasill pencarian exact. Yang dimaksud dengan exactadalah jumlah pencarian yang dilakukan dengan memasukkan kata kunci yang benar-benar sama persis dengan yang anda ketikkan saat melakukan riset.
- Oleh karena hasilnya adalah exact, maka anda harus mencoba memasukkan beberapa variasi lain dari kata kunci anda untuk menemukan jumlah pencarian yang sebesar-besarnya dari riset kata kunci ini
Bagaimana kalau misalnya setelah banyak variasi dan hasilnya tetap kecil? Anda bisa memperluas wilayah dengan membahas masalah-masalah lain yang masih cukup berkaitan dengan topik anda saat ini. Jadi anda bisa mendapatkan trafik tambahan dari kata kunci "perluasan" tersebut. Untuk mengkonversinya, pastikan anda memasang banner yang menarik perhatian....
Kalau setelah diperluas masih juga kecil nilai pencariannya? Ya tidak ada pilihan selain mengoptimalkan yang kecil itu. Apakah yang sedikit itu bisa anda ubah menjadi nilai uang yang lumayan? Kalau tidak sebaiknya dipikirkan sekali lagi, apakah bisnis atau rencana blogging anda ini berharga untuk dilanjutkan...
Jadi seringkali riset kata kunci itu tidak membawa anda melihat penghasilan yang luar biasa, tapi sekedar "menyelamatkan" anda dari aktifitas yang membuang waktu dan tenaga anda....
Jadi seringkali riset kata kunci itu tidak membawa anda melihat penghasilan yang luar biasa, tapi sekedar "menyelamatkan" anda dari aktifitas yang membuang waktu dan tenaga anda....